Senin, 16 Oktober 2017

Penggunaan Inclinometer dan Piezometer untuk Pembangunan Pondasi

Pondasi adalah suatu bagian penting dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menempatkan bangunan dan meneruskan beban dari struktur atas ke tanah dasar pondasi yang cukup kuat menahan beban tanpa terjadi differential settlement pada sistem strukturnya. Untuk membuat bangunan tinggi banyak harus di pertimbangkan dan diperhitungkan.

Dalam membuat pondasi bangunan gedung bertingkat harus memerlukan beberapa pengujian tanah untuk melihat kondisi, karakteristik dari tanah tersebut untuk menentukan perencanaan dalam pembangunan. Pengujian dilakukan untuk mengetahui kondisi tanah apakah akan mendukung atau malah akan menjadi penurunan ketika diberi beban.

Sebelum melakukan pembuatan pondasi maka perlu dilakukan pengujian tanah dengan alat tes sondir, tes piezometer dan tes inclinometer untu mengetahui daya dukung tanah untuk pembuatan pondasi. Umumnya pada dasar tanah mempunyai sifat tanah yang beragam yang mempengaruhi karakteristik tanah antara lain pengaruh muka air tanahnya dan volume tanah yang terendam air. Namun untuk pengujian tanah lebih sering dilakukan pengujian dengan alat Inclinometer dan piezometer 


Sumber gambar : www.rstinstrument.com

Inclinometer


Pasang probe tersebut kedalam pipa khusus yang telah di desain untuk pengujian inclinometer, pipa tersebut memiliki jalur yang dapat dilalui oleh probe. Probe inclinometer mempunyai kekuatan yang seimbang yaitu servo-accelerometer untuk mengukur kemiringan. Pipa tersebut dipasang kedalam tanah harus tegak dan lurus dengan ke dalaman yang telah ditentukan dan dipasang menghadap ke arah tempat pembacaan. 

Jika pipa kurang panjang dapat dilakukan penyambungan dengan pipa yang lainnya dengan cara di lem terlebih dahulu kemudian dibor untuk dilakukan pemasangan sekrup dan di tutup rapat dengan isolasi hitam mengelilingi pipa.

Setelah instalasi pipa telah selesai, pasangkan probe lalu hubungkan kabel probe dengan alat untuk bisa membaca pergerakan tanah yang terjadi kemudian lakukan grouting untuk menutupi  rongga-rongga pada pipa.

Piezometer

  

Sumber gambar : www.geokon.com

Piezometer merupakan alat yang berfungsi untuk memantau tekanan atau gaya statis yang dihasilkan muka tinggi air tanah, selain untuk mengukur tekanan. Piezometer juga dapat mengukur suhu yang terdapat pada tekanan fluida didalam tanah.

Pemasangan Piezometer adalah tanah harus di bor dengan kedalaman yang teah ditentukan lalu masukan atau jatuhkan piezometer kedalam lubang tersebut setelah dimasukan maka timbun beberapa sentimeter dengan pasir halus, batu kerikil dan pasir halus lagi agar menjadi penyaring alami dan piezometer akan mudah membaca muka air tahan.

Di dalam tanah terdapat partikel air dan lumpur maka harus diberi penyaring alami, setelah pemasangan telah selesai maka dilakukan pengujian dengan cara meilhat kedalaman dengan menggunakan tali yang terdapat pada piezometer tersebut. Catat dan lakukan perhitungan untuk mengetahui karakteristik dari tanah yang telah dilakukan pengujian dari Inclinometer dan Piezometer.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penggunaan Inclinometer dan Piezometer untuk Pembangunan Pondasi

0 komentar:

Posting Komentar