Rabu, 15 November 2017

Fungsi Piezometer untuk Menguji Tekanan Air pada Lubang Pondasi

Sebelum membuat suatu konstruksi yang tinggi  diantaranya gedung, apartement dan hotel maka mesti dibuat  pondasi dalam terlebih dahulu. Penggunaan pondasi ini berupa tiang pancang dan borepile. Pondasi tiang pancang dipakai untuk menerima dan menyangga beban struktur atas bangunan. Material utama tiang pancang tercipta dari baja dan beton. Pemasangan tiang pancang mesti dipukul dengan hammer khusus sampai-sampai pilar beton bakal masuk ketanah dengan kedalaman yang telah di tentukan.

Sedangkan pondasi Bore Pile memiliki faedah yang nyaris sama dengan tiang pancang. Perbedaannya terletak pada teknik pemasangannya saja, andai tiang pancang mesti di pukul dengan hammer sementara pada pemasangan bore pile tanah mesti di bor terlebih dahulu dengan kedalaman yang sudah ditentukan, lantas pada lubang itu dimasukan tulangan silinder yang telah diciptakan dandilaksanakan pengecoran sampai permukaan tanah. Di samping itu, dalam penciptaan pondasi mesti memperhatikan kondisi sekitar. 

Piezometer pada Lubang Pondasi



Jika disekitar tempat pembangunan terdapat tidak sedikit bangunan, maka usahakan memakai pondasi bore pile sebab tidak memunculkan getaran dan tidak menggangukegiatan bangunan yang terdapat disekitarnya. Namun, andai disekitar konstruksi melulu tanah kosong dan tidak terdapat bangunan sama sekali maka wajib memakai tiang pancang sebagai pondasinya.

Walaupun pemasangan tiang pancang memunculkan getaran dan suara bising yang didapatkan dari pukulan hammer itu tapi tidak ada kegiatan bangunan ataupun penduduk yang terganggu sebab konstruksi dilaksanakan di tanah yang kosong. Sebelum pemasangan pondasi, terdapat pengujian yangmesti dilaksanakan terlebih dahulu dengan memakai alat yang dinamakan piezometer.

Pengujian Piezometer bertujuan guna melihat situasi pada tanah. Sebelum pengujian piezometer dilakukan, mestimenciptakan lubang dahulu dengan teknik dibor lantas masukan sensor piezometer ke dalam lubang secara rutin. Piezometer adalah alat pressure tanah yang bermanfaat untuk mengukur desakan yangdidapatkan tinggi muka air tanah dan dapat guna mengukur suhu pada desakan fluida yang terdapat didalam tanah.

Piezometer mempunyai sejumlah instrument yang terdiri dari water level meter, piezometer, pipa dan bentonite. Cara Pemasangan Piezometer Sebelum menjatuhkan piezometer kedalam lubang, pasang pipa paralon guna menjadi pelindung supaya dinding lubang tidak tuntuh. Kemudian piezometer langsung dijatuhkan ke dalam lubang tersebut, lantas lubang mesti dilapisi pasir halus sejumlah sentimeter guna menjadi penyaring alami karena seringkali air dan lumpur ikut tercampur menjadi satu.

Maka dari itu diperlukan pasir dan batu yang bermanfaat sebagai filter. Setelah dilaksanakan pemasangan maka pipa diberi bentonite untuk memblokir lubang tersebut sampai elvasi permukaan tanah. Catat kedalaman piezometer yang ditunjukan pada water level meter dan perangkat penunjuk yang berbentuk kota bakal bekerja merekam dari pengujian tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fungsi Piezometer untuk Menguji Tekanan Air pada Lubang Pondasi

0 komentar:

Posting Komentar