Selasa, 12 Desember 2017

Instrument Geoteknik yang Paling Diandalkan Dalam Dunia Konstruksi

Penurunan tanah bisa di sebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya saluran irigasi, pemadatan yang buruk, dan masih banyak lagi. Penurunan tanah dapat menyebabkan struktur menjadi bergeser dan rusak

Pada dasarnya membuat bangunan haruslah mempunyai daya dukung tanah yang baik sebab bangunan mempunyai beban dan gaya yang bisa di salurkan kedalam tanah. Sebelum melakukan pembangunan penting rasanya membuat titik-titik pengujian untuk mengantisipasi penurunan tanah.

Instrument Geoteknik

Pengujian dapat dilakukan dengan menggunakan instrument geoteknik seperti Inclinometer, Piezometer dan Settlement Plate. Dari hasil pengujian tersebut dapat memperkira kekuatan tanah menahan beban bangunan serta bisa untuk menentukan jenis pondasi yang tepat.
Berikut beberapa jenis Instrument geoteknik untuk melakukan pengujian :

Settlement Plate


Instrument ini berfungsi mengukur penurunan tanah dalam periode tertentu yang telah dilakukan dengan alat survey pada sebelumnya.

Pengujian settlement plate akan mendapatkan data untuk bisa di analisa apakah tanah dapat bertahan terhadap beban yang besar. Data juga dapat memberikan nilai kekuatan tanah dalam meredam beban bengunan yang nanti akan disalurkan.

Piezometer


Instrument ini berfungsi untuk mengukur tekanan pori air pada tanah. Alat ini dapat dipasangkan dengan settlement plate untuk melakukan pengujian secara bersama. Piezometer akan membaca tekanan pori air pada saat settlement plate telah melakukan pengujian.

Tanah yang memiliki air yang berlebih tidak dapat digunakan untuk pembuatan pondasi karena daya dukung tanah akan semakin berkurang.

Inclinometer


Instrument ini dapat mengukur pergeseran pada didalam beton, alat ini dapat langsung dipasangkan di dalam tulangan sebelum pengecoran dengan bantuan pipa pvc sebagai pembungkus dari sensornya agar terhindar dari material pengecoran. Alat yang dimasukan didalam tulangan akan merekam data pergerakan tanah.

Inclinometer akan merekam gaya lateral pada tanah sehingga ketika terjadi pergeseran ataupun penurunan akan dapat terlihat pada layar monitor, pengujian ini dapat dilakukan berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Instrument Geoteknik yang Paling Diandalkan Dalam Dunia Konstruksi

0 komentar:

Posting Komentar